PENDAPATAN NEGARA

PENDAPATAN NEGARA

Pendapatan negara dari hasil realisasi pajak bertambah Rp 136 triliun pada 2008. Direktorat Jenderal Pajak akan terus mendata para wajib pajak supaya memiliki nomor pokok wajib pajak atau NPWP.

Demikian dikemukakan Direktur Jenderal Pajak Darmin Nasution dalam acara peresmian Kantor Pelayanan Pajak Pratama di Jambi.

Darmin memaparkan, pendapatan negara dari realisasi pajak pada 2008 lalu mencapai Rp 571 triliun, atau naik 34 persen dibanding realisasi tahun 2007 sebesar Rp 435 triliun. “Pencapaian ini merupakan rekor, pertumbuhan terbesar sepanjang sejarah perpajakan kita,” kata Darmin bangga.

Dengan realisasi pajak sebesar itu, lanjut Darmin, berarti pendapatan dari pajak mencapai hampir Rp 2 triliun setiap harinya.

Ia menambahkan, setiap daerah perlu mendorong penduduknya yang berpenghasilan lebih dari Rp 15,8 juta per tahun untuk membuat NPWP. Meski begitu, pihaknya tidak akan mengejar-ngejar orang yang berpenghasilan di bawah itu.

Dengan semakin banyaknya wajib banyak, pemasukan negara melalui daerah meningkat. Penghasilan ini setiap tahunnya akan didistribusikan ke daerah terkait melalui dana alokasi umum (DAU), yaitu 26-27 persen dari total APBN. Sumber DAU sendiri, sebanyak 70 persen berasal dari pungutan pajak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: