Tembakau Simalakama

Menghilangkan tembakau dari muka bumi Indonesia agaknya bukan perlu waktu panjang. karena tembakau bukan hanya permaslaah kesehatan tetapi juga masalah ekonomi, politik, bahkan hukum dan asasi. apalagi dengan pola pikir manusia Indonesia pada umumnya yang begitu mengagungkan demokrasi. pasahal demokrasi seharusnya bertumpu pada moralitas dan intelektualitas yang bersih dan jujur serta mengedepankan kepentingan umum dan jangka panjang. pada mulanya demokrasi kan  hanya untuk mengurangi dominasi kekuasaan dan sistem pemerintahan patriarki dan otoriter, tapi akhirnya berubah menjadi bumerang.

begitu juga dalam menyikapi masalah tembakau, seharusnya kita duduk bersama dan mencari solusi bersama. karena lagi-lagi para petani yang dirugikan. bukankah kita tahu sendiri kalau mereka sangat menggantungkan hidup dari tembakau yang seharusnya tidak selalu bisa dan mereka sadar hal itu.

yang kita lakukan adalah perlu dicarikan jalan keluar untuk permasalahan mendasar yang dihadapi oleh mereka, sedangkan para orang atasan dan berduit hanya perlu ikut demi kepentingan publik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: